TIME

Senin, 19 September 2011

Berbagai Manfaat Teknologi Informasi Dalam Kehidupan

Perkembangan Dan Beberapa Manfaat Tekhnologi Informasi

 

Sejarah 

• Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja.
• Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. 
• Kemudian ditemukan alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka.
• Dan saat ini, teknologi informasi yang ada adalah teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. 

Pengertian

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi. 


Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain : 
• Bidang Pendidikan 
• Bidang Ekonomi
• Bidang Pemerintahan 

MANFAAT DI BIDANG PENDIDIKAN

• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
• E-Library, Perpustakaan Digital
• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. 

Manfaat Di Bidang Ekonomi
• E-Banking, transaksi perbankan secara online.
• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan

• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: 
1. G2C (Governmet to Citizen)
2. G2B (Government to Business)
3. G2G (Government to Government)

Undang-undang Mengenai Tekhologi Informasi UU ITE

UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK
termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda. 

Dampak Perkembangan Tekhnologi Informasi
Dampak Positif :
1. Lebih cepat, pertukaran informasi lebih cepat hanya dalam hitungan detik 
2. Lebih efisien
3. Lebih luas sebarannya, dapat mencakup seluruh penjuru dunia
4. Lebih lama penyimpanannya, dapat disimpan dalam bentuk cd, flashdisk atau hardisk. Dan tidak menghabiskan tempat
5. Hemat biaya, mengurangi penggunaan kertas dan jasa pengiriman dokumen

Dampak Negatif : 
1. Kesempatan Kerja Makin Sempit
2. Berubahnya pola industrialisasi dunia 
3. Tekanan-tekanan ekonomi dari negara maju 
4. Penyalahgunaan seperti pornografi, pembajakan, atau perjudian. 

Sumber: 
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1883389-manfaat-tekhnologi-informasi-dan-perkembangannya/#ixzz1YOklrmKI








Contoh-contoh Kegunaan dan Penerapan Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari-hari:
v  Penerapan Teknologi  Informasi dalam Perbankan: memudahkan setiap nasabah dalam berbagai hal,misalnya mempermudah setiap nasabah untuk melakukan transaksi,untuk mengecek saldo,membayar tagihan dan lain sebagainya melalui Internet Banking.
v  Penerapan Teknologi Informasi dalam Perusahaan:Setiap orang pasti dalam melakukan sesuatu selalu ingin mengefesiensikan waktu,hal ini d lakukan untuk menghemat segala sesuatunya,entah itu materi ataupun waktu.Di sinilah peran Teknologi informs dapat d terapkan dalam berbagai hal misalnya saja dalam Perusahaandi terapkan E.R.P(Enterprice Resource Planning).E.R.P ini merupakan salah satu software yang mencakup system manajemen dalam perusahaan.
v  Penerapan Teknlogi informsai Dalam Bidang Kesehatan: Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit ka-rena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat pen-yakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pem-bedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien secara akurat.
v  Teknologi Informasi di bidang kesehatan atau kedokteran komputer juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Teknologi informasi berupa Sistem Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur bagian otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) yang dapat digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.
v  Computerized Axial Tomography
v  Computerized Axial Tomography
v  Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalahPosition Emission Tomography (PET) juga merupakan sistem komputer yang dapat menampilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif. Selain itu Nuclear Magnetic Resonancemerupakan teknik mendiagnosis dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hidrogen.
v  Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mempu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu trilyunan mesin biomolekul yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai larutan data dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematik.

v  Penerapan Teknologi Informasi dalam Bidang Pemerintahan:Contoh yang paling besar penerapan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan adalah E-government. E-government yang memanfaatkan jaringan internet sebagai penghubung utama memiliki fungsi utama sebagai penghubung antar pemerintah dan pihak-pihak lain. Berikut ini beberapa fungsi dari E-government:
Ø  Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat
Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
Ø  Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum
Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
Ø  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
Ø  Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien
Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar