TIME

Jumat, 21 Oktober 2011

Jenis Lisensi Windows Dilihat Dari Sisi Marketing

Setiap versi windows selalu memberikan nuansa baru bagi penggunanya. Banyak hal yang ditawarkan, mulai dari kecanggihan operating system, kompatibilas dengan hardware sampai dengn jaminan kenyamanan saat menggunakan Windows.
Jenis Lisensi Windows Dilihat Dari Sisi Marketing Image
Namun, banyak yang belum tahu jenis-jenis lisensi yang ditawarkan oleh Microsoft kepada pengguna Windows jika ingin mengaktifkannya pada komputer. Jenis lisensi ini terkait dengan kebijakan divisi Marketing Microsoft untuk lebih memaksimalkan pemasaran operating system kepada konsumen.Beberapa jenis license Windows jika dilihat dari sisi marketing yaitu:
1) OEM (Original Equipment Manufacturing)
Lisensi ini melekat pada produk dan sebagai penanda biasanya terdapat stiker resmi dari Microsoft yang menempe pada produk (Kalau pada notebook menempel di bawah sedangkan pada komputer atu PC menempel pada bagian samping). Saat Windows diaktifkan, ada beberapa device yang akan dicek untuk mencocokkan apakah lisensi tersebut benar-benar asli atau tidak.
Lisensi OEM tidak dapat dipindahkan ke komputer/notebook yang lain sehingga jika komputer atau notebook rusak maka lisensinya juga ikut hilang. Tetapi dari beberapa sumber pada beberapa forum international, jika komputer/notebook rusak total dan butuh penggantian device (Mungkin motherboard atau processor) kita bisa mengajukan perubahan pada Microsoft agar bisa menggunakan lisensi yang lama pada komputer yang sudah diperbaiki.
Jenis Lisensi Windows Dilihat Dari Sisi Marketing Image
2) OLP (Open License Program)
Lisensi ini khusus untuk perusahaan atau organisasi yang ingin menggunakan Windows sebagai OS pada komputer perusahaan. Minimum pembelian OLP adalah 5 lisensi komputer dan bisa ditransfer ke komputer lain asalkan tetap tidak melebihi kuota dari lisensi tersebut.
Sebagai contoh, jika perusahaan tempat anda bekerja telah meginstall Windows pada 5 komputer dan kemudian ingin membeli komputer lagi, maka anda boleh memindahkan satu lisensi komputer lama ke komputer baru tersebut dengan catatan tidak menggunakan komputer lama untuk beraktifitas. Atau, fungsi ini bisa digunakan ketika komputer rusak dan membutuhkan perangkat baru, maka lisensi bisa dipindah.
3) FPP (Full Package Product)
Lisensi ini melekat pada orang yang membeli produk dan COA (Certificate of Authenticity) atau yang biasa disebut stiker Windows berada pada Box (Kotak CD Installer). Lisensi ini bersifat transferable (Bisa dipindah) ke komputer yang lain jika pada komputer yang lama mengalami kerusakan. Biasanya tipe ini ada pada komputer rakitan yang diinstall di Windows.
Jenis Lisensi Windows Dilihat Dari Sisi Marketing Image
Kesimpulan
Banyaknya versi dari lisensi Windows kadang membuat konsumen bingung memilih yang mana. Jangankan untuk memilih, untuk memahaminya saja hanya sedikit orang yang bisa. Terlebih lagi bagi pengguna awam yang tidak tahu seluk beluk dunia IT.


Read more: http://blog.fastncheap.com/jenis-lisensi-windows-dilihat-dari-sisi-marketing/#ixzz1bT41Jgng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar