TIME

Minggu, 06 November 2011

DATA BASE

Database   adalah sekumpulan  data yang terintegrasi  yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan organisasi. DBMS (Data Base Management System) adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan ke data base.  Istilah ‘Database’ juga digunakan di dunia perpustakan untuk menjelaskan sekumpulan informasi yang biasanya tersimpan dan dapat diakses di perpustakaan, seperti yang dijelaskan pada definisi ke 4. Untuk membuat definisi database yang kita maksud lebih jelas dan tepat, maka beberapa karakteristik dari database adalah :
·         pengelolaan melalui dengan suatu Database Management System (DBMS)
·         ada lapisan-lapisan abstraksi data
·         data fisik yang independen
·         data logis yang independen
Struktur File Database
  •   Data adalah satu satuan informasi yang akan diolah, dimana sebelum diolah dikumpulkan di dalam suatu file database. Pengumpulan data dilakukan secara sistematis menurut struktur file database tersebut.
  •   RECORD adalah data yang isinya merupakan satu kesatuan seperti  Nama, Alamat, Nomor Telepon.  Setiap keterangan yang mencakup Nama, Alamat dan Nomor Telepon dinamakan satu record. Dan setiap record diberi nomor urut yang disebut nomor record (Record Number). Ukuran suatu file database ditentukan oleh jumlah record yang tersimpan di dalamnya.
  •    FIELD adalah sub bagian dari Record. Dari contoh isi record diatas maka terdiri dari 3 field, yaitu field Nama, field Alamat dan field Nomor Telepon.  http://coretanmodz.files.wordpress.com/2011/04/pengenalan-basis-data.pdf    



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar